Bagus Mana Layar IPS LCD atau Super AMOLED?

Bagus mana layar IPS LCD atau Super AMOLED – Banyak sekali berbagai jenis layar yang diusung oleh perangkat komunikasi berbasis smartphone saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa semakin canggih suatu perangkat smartphone maka akan semakin canggih juga jenis layar yang diusung oleh smartphone tersebut. Sebagaimana kita tahu bahwa terdapat beberapa jenis layar yang kita temui dalam smartphone, diantaranya yaitu IPS LCD, dan  SUPER AMOLED. Kita pasti tahu bahwa kedua jenis layar ini merupakan produk unggulan dan sering di gunakan untuk layar smartphone kita dan tentu membuat para pembeli sangat tertarik dengan type layar IPS LCD atau bahkan super amoled.

Bagus Mana Layar IPS LCD atau Super AMOLED?

Bagus Mana Layar IPS LCD atau Super AMOLED - TechnoGrezzJika sudah seperti itu sebenarnya apa keunggulan dari kedua layar tersebut hingga membuatnya menjadi sangat menarik hati konsumen serta membuat para konsumen tidak menyesal setelah membeli smartphone dengan kedua type layar ini. Dan untuk menghilangkan rasa penasaran kita semua. Langsung saja pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang bagus mana layar IPS LCD atau Super AMOLED?.

Apakah sobat TechnoGrezz sudah mempunyai jawabannya, jika belum maka sebaiknya anda menyimak dengan seksama artikel kami berikut ini, sehingga membuat anda semakin mengenal berbagai jenis layar yang di gunakan dalam smartphone. Berikut informasi secara lengkapnya tentang bagus mana layar IPS LCD atau Super AMOLED serta berbagai kelebihan dan kekurangan layar IPS Lcd dan Super AAMOLED yang bisa kita ketahui bersama.

Baca juga : 6 Keunggulan Android Dibanding IOS

Kelebihan dan Kekurangan IPS LCD

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan serta perbedaan kedua jenis layar dalam smartphone tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian layar IPS LCD yang pada dasarnya adalah singkatan dari In Plane Switching dan merupakan sebuah teknologi pada layar dengan kelebihan memiliki sudut pandang atau penglihatan yang sudah sangat baik dan teknologi LCD TFT yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan viewing angle yang lebih luas. Sehingga saat dilihat dari sudut pandang yang ekstrim pengguna masih dapat melihat  layar dengan baik dan dapat melihat warna pada layar tidak akan jauh berbeda dari posisi normal.

IPS LCD juga dilengkapi dengan penggunaan daya baterai yang lebih hemat,  dan mampu memberikan kontribusi yang membuat daya tahan baterai lebih tahan lama.  Perlu di ketahui juga bahwa IPS LCD juga merupakan pengembangan dan teknologi baru dari layar sentuh model TFT atau Thin Film Transistor yang kuat terhadap benturan. Jenis Layar IPS LCD banyak digunakan pada Smartphone kelas menengah ke atas, memiliki kualitas yang cukup tinggi, dan dapat mereproduksi gambar yang sangat baik dan cocok untuk fotografi, desain grafis, produksi film, CAD atau CAM teknik, medis dan juga aplikasi keamanan. serta biasanya memiliki harga yang cukup mahal.

Itulah sedikit kelebihan IPS LCD yang dapat kita bagikan pada kesempatan ini, jika sebuah produk memiliki kelebihan pastinya juga memiliki kekurangan yang tidak bisa dielakkan dari produk tersebut. Adapun kekurangan dari IPS LCD yaitu bahwa layar jenis ini mengunakan konsumsi dalam jenis LCD jadi konsumsi daya lebih besar seperti TFT, hal ini menjadi salah satu kelemahan IPS LCD. Kelemahan selanjutnya yang bisa kita lihat dari jenis layar type ini adalah kecerahan layarnya tidak bisa tampil dengan sempurna, lalu ketika ada tampilan grafis yang bergerak pada kecepatan tinggi, terkadang dapat meninggalkan jejak serta harganya yang cukup mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Super AMOLED

Setelah kita membahas kelebihan dan kekurangan layar IPS LCD maka untuk selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan sang pesaing yakni layar Super AMOLED,  yang merupakan jenis layar dengan versi lanjutan dari tipe layar AMOLED dan merupakan kepanjangan dari Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode, type layar super amoled ini alah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh vendor Samsung  yang mempunyai sensor sentuh pada layar itu sendiri dan didesain dengan lebih tipis serta jauh lebih responsive jika dibandingkan dengan layar type amoled serta memiliki sudut pandang yang luas.

Layar Super AMOLED mempunyai gambar yang sangat jernih bening serta jka menampilkan layar yang warna hitam tidak akan  mengeluarkan cahaya sama sekali, Layar tipe ini juga sangat cocok untuk digunakan di luar ruangan dan tidak terlalu terkena sinar matahari maka gambar akan nampak terlihat jelas dan jernih. Dan jika terkena sinar matahari langsung layar super almoned ini masih tetap dapat dilihat walaupun memang agak sedikit gelap.

Kelebihan lain dari laya Super AMOLED yaitu dapat menghemat daya hingga sebesar 40 % dan tidak memerlukan lapisan layar sentuh yang terpisah, karena layar sentuhnya sudah terintegrasi dan menyatu di dalamnya (built-in) Sedangkan kekurangan dari layar super amoled yaitu ketika menapilkan warna putih maka warnanya akan terlihat sedikit kekuning kuningan dan bisa merusak penglihatan mata.

Dan jika kita tidak terbiasa dengan layar yang seperti itu, maka kan membuat kita sedikit bingung dengan tampilan layar tersebut, tetapi jika kita sering menggunakan layar super amoled dengan menggunakan warna putih, maka seiring waktu akan terbiasa dengan warna layar super amoled ini Selain itu, harga layar super amoled juga sangat tinggi, ini disebabkan karena jenis layar super amoled ini merupakan jenis layar terbaru dan menggunakan teknologi terbaru juga, jadi bisa sangat di pahami mengapa harganya cukup tinggi.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan tentang Layar IPS Lcd Dan Super AMOLED, jadi bagus mana layar IPS LCD atau Super AMOLED?. Kami rasa kedua jenis layar itu sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, masalah layar yang cepat rusak atau tidak tahan lama tentu kembali pada bagaimana kita memperlakukan smartphone yang kita miliki, dan semoga setelah kami menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan layar IPS LCD dan layar Super AMOLED,  dapat menjadi sebuah rujukan bagi kita ketika akan membeli sebuah smartphone yang diinginkan.

Baca juga : 4 Cara Mengisi Daya Baterai Smartphone Lebih Cepat

Selain itu, kita juga harus tahu bahwa teknologi layar elektronik khususnya smartphone akan semakin terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu yang dituntut oleh kebutuhan dan persaingan antar produsen perangkat elektronik. Sehingga jika kita menuruti keinginan sendiri untuk bisa mendapatkan smartphone dengan layar yang terbaik dan tidak memiliki kekurangan sama sekali maka secara tidak sengaja kita menjerumuskan diri kita ke dalam sebuah kebingungan, sebab setiap tahun pasti akan bermunculan berbagai jenis type layar yang  baru dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya.