Cara Membuat Website dengan CMS Joomla

Advertisement
Advertisement

Cara Membuat website dengan CMS Joomla – Joomla merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang bersifat Open Source yang banyak di pakai untuk pembuatan website, dan Joomla adalah salah satu CMS populer saat ini. Seperti yang diketahui, CMS terdiri dari berbagai macam jenis antara lain WordPress, Drupal, Mambo, Post-Nuke, Geeklog, dan masih banyak lagi. CMS itu sendiri merupakan sebuah sistem yang biasa digunakan untuk mempermudah pengelolaan isi sebuah website. Software atau aplikasi web Joomla terdiri dari berbagai kode hasil karya dari para program hebat dari berbagai penjuru dunia. Biasanya kode tersebut dijual dengan harga yang tidak murah. Di artikel ini saya belum menjelaskan bagaimana cara membuat website dengan Joomla, tapi baru mengulas tentang pengenalan CMS Joomla itu sendiri.Cara Membuat website dengan CMS Joomla

Open source merupakan usaha untuk melepaskan kode-kode program pada publik atau user. User yang mengerti akan mengolahnya kembali menjadi lebih baik dan dapat digunakan oleh masyarakat umum. Kemudian hasil yang sudah user friendly tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat. CMS banyak digunakan karena fleksibilitasnya dalam mengatur isi web. Fleksibilitas yang dimaksud di sini adalah dinamis dan mudah diperbaharui. Jika isi web Anda tadinya sedikit, kemudian pada suatu hari Anda menyadari bahwa web Anda semakin banyak pengunjungnya, maka Anda memerlukan web yang mudah ditangani. CMS Joomla merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan.

Advertisement
Advertisement

Joomla merupakan salah satu aplikasi web yang mudah dipelajari. CMS ini banyak digunakan untuk membuat web baik untuk membuka toko online, website pendidikan, web komunitas, dan web organisasi. Salah satu alasan mengapa Joomla banyak digunakan adalah karena CMS ini gratis dan proses instalasinya juga mudah dilakukan. Selain itu, Joomla juga sudah didukung oleh banyak komuniats internasional. Lebih menariknya lagi, Joomla juga sudah mendukung bahasa Indonesia.

Pengguna Joomla biasanya dibagi menjadi beberapa tingkatan user. Pengguna tersebut adalah basic dan advance user. Basic user biasanya hanya menginstal dan memakai CMS ini. Sementara itu Advance User biasanya sudah bisa mengutak – atik script PHP, MySql, dan XML, Selain itu ada pula user yang mampu mengembakan sistem tersebut. User ini adalah pembuat, perancang, penangkal serangan musuh, pengembang, pengaman sistem, dan pembuat template. User seperti ini selain hebat juga termasuk orang – orang yang baik hati karena mereka bekerja tanpa dibayar. Bahkan ada pula developer yang tidak mau disebut namanya. Selain ketiga jenis user di tas, ada pula user yang membantu pengembang untuk mengembangkan sistem ini dan disebut dengan 3rd party developer.

3rd party developer adalah sukarelawaan. CMS Joomla sebagai aplikasi web sebenarnya sudah baik. Tetapi, tetap saja ada yang menginginkan tampilan yang lebih baik misalnya menampilkan data perusahaan dalam bentuk 3 dimensi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada orang-orang yang membuat pelengkap. Kelengkapan tersebut disebut dengan 3rd party.

Demikian sedikit informasi tentang CMS Joomla. Sampai saat ini Joomla menjadi salah satu CMS yang banyak digunakan untuk membuat website dan tidak memerlukan biaya yang mahal untuk menggunakannya. Untuk postingan berikutnya akan saya jelaskan lebih detail tentang cara membuat Web dengan CMS Joomla.

Baca juga : Macam Macam atau Jenis Jaringan Komputer dan juga Pengertian Web Hosting dan Macam Macam Web Hosting

Advertisement
Advertisement