Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Oleh Komputer

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Komputer atau laptop Sebagai seorang milenial maupun sebelumnya, pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya flashdisk. Salah satu device satu ini memang sangat bermanfaat sekali ketika digunakan untuk menyimpan berbagai file maupun data penting.

Saking pentingnya, bahkan kemanapun perginya si milenial ini senantiasa diikuti dengan flashdisk yang dikalungkan di leher layaknya lagu Saykoji “Online”.

Meski sangat bermanfaat, namun device satu ini cukup rawan rusak dan banyak sekali menemui masalah, apalagi jika digunakan secara sembarangan dan main colok sana-sini.

Masalah yang biasanya terjadi pada alat ini adalah tidak terbaca di komputer maupun laptop, hal ini pastinya akan menjadi sebuah dilema yang cukup menyakitkan bukan?

Nah, mengatasi hal tersebut, disini admin akan membagikan tentang bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer. Simak berbagai tipsnya berikut ini.Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Oleh Komputer - Technogrezz

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer ini yakni dengan menggunakan tools bawaan windows, yakni computer management.

Untuk caranya yakni dengan menghubungkan flashdisk anda ke dalam port USB komputer ataupun laptop.

Setelah itu, Klik Start kemudian Run atau dengan mengkombinasikan lambang windows di keyboard dengan tombol R.

Selanjutnya yakni ketikkan “compmgmt.msc” (tanpa tanda kutip), lalu tekan tombol Enter pada keyboard. Setelah jendelanya muncul, pilih storage dan klik Disk Management.

Jika flashdisk anda berfungsi dengan baik, maka akan terbaca sebagai drive baru, meskipun hanya terbaca 0 Byte, namun setidaknya komputer anda mampu mengidentifikasi adanya device baru yang masuk.

Kemudian klik kanan pada drive flashdisk anda kemudian pilih Create Partition. Setelah itu format flashdisk dengan cara klik kanan pilh format.

  1. Cara kedua untuk memperbaiki flashdisk adalah dengan menambahkan flashdisk secara manual ke dalam sistem windows.

Cara ini berlaku jika flashdisk anda hanya mengalami kerusakan ringan dan terdapat masalah pada fitur plug anda play pada komputer atau laptop yang anda miliki.

Caranya yakni dengan membuka Device Manager kemudian pilih action dan Add Legacy Hardware, setelah itu klik next kemudian pilih search for install hardware automatically.

  1. Cara ketiga memperbaiki flashdisk yang ini adalah dengan menggunakan Tools HDD Low Level Format. Dengan menggunakan Tools ini kemungkinan besar flashdisk yang rusak dan tidak terbaca akan kembali normal.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Hubungkan flashdisk di komputer atau laptop Anda
  • Download software “HDD GURU Low Level Format”
  • Setelah didownload, instal software tersebut di komputer atau laptop Anda
  • Kemudian, jalankan software tersebut dengan akses Administrator. Caranya, klik kanan pada software, lalu pilih “Run As Administrator”.
  • Pada jendela software, pilih USB, kemudian klik “Continue”
  • Tunggu proses perbaikan flashdisk sampai selesai. Setelahnya, Anda bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasa, yaitu klik kanan pada drive flashdisk di Windows Explorer > pilih Format. Anda juga bisa menggunakan software format flashdisk pihak ketiga yang banyak dirilis.

Lihat juga : Cara Memperkuat Sinyal Wifi Yang Bisa Kamu Coba

Nah, itulah tadi beberapa cara memperbaiki flashdisk yang bisa dilakukan ketika device tersebut tidak terbaca di laptop atau komputer, semoga bermanfaat.