Cara Mentransfer dan Mengelola File di FTP melalui FileZilla

Advertisement
Advertisement

TechnoGrezz – Untuk mengakses server FTP, user memerlukan sebuah program yang disebut dengan FTP Client. Salah satu FTP Client yang cukup populer digunakan adalah FileZilla. Dengan program ini, pengelolaan file pada server FTP menjadi jauh lebih mudah. Berikut ini beberapa langkah atau Cara mentransfer dan mengelolah file di FTP melalui FileZilla :

Login ke Server FTP

Advertisement
Advertisement
  1. Login ke server FTP melalui FileZilla cukup mudah. Berikut ini contoh login ke serverFTP.
  2. Host: Masukkan alamat server FTP. Biasanya, susunan alamat server FTP adalah ftp.namadomain.com atau hanya dengan namadomain.com. Sebagai latihan, digunakan ftp.microsoft.com.
  3. Username: Masukkan username Anda. Bila yang diakses merupakan publik, maka isikan anonymus. Tetapi, jika yang diakses adalah server hosting masukkan username hosting Anda.
  4. Password: Ketikkan password Anda. Bila yang Anda akses merupakan server publik, masukkan alamat email Anda. Jika Anda mengakses server hosting, maka masukkan password hosting.
  5. Port: Biarkan kosong atau isikan dengan angka 21. Biasanya, port default untuk akses FTP adalah port 21.
  6. Tekan enter atau klik Quickconnect untuk mengakses. Perhatikan kolom di bawahnya akan muncul proses autentifikasi. Bila berhasil login, maka Anda akan melihat pesan Directory listing successful dan kolom Remote Site di bagian akan muncul daftar filder dan file di server FTP.

Untuk memutuskan hubungan, klik tombol dengan tanda silang. Jika koneksi terputus saat Anda beraktivitas di server FTP, klik tombol R atau tekan F5 untuk mengkoneksikan kembali.

Interface FileZilla
Cara Mentransfer dan Mengelola File di FTP melalui FileZilla
Anda sudah mengenal menu-menu di FileZilla. Secara umum, terdapat 2 bidang utama di jendela FileZilla.

  1. Local Site: Berada di kolom utama sisi kiri dan berisi daftar folder di komputer Anda. Di bagian bawah akan muncul beberapa file dan folder yang terdapat di item folder terpilih.
  2. Remote Site: Berada di kolom utama sisi kanan dan berisi daftar folder di server internet yang diakses.

Di bagian bawah akan muncul beberapa folder dan file yang ada di folder terpilih Di bagian paling bawah jendela FileZilla Anda akan menemukan status proses. Di sini biasanya akan muncul antrian proses upload atau download file.

Mengunduh File Dari Server FTP

Aktivitas yang biasa dilakukan untuk mengelola file di FTP adalah mengunduh file. Untuk mengunduh file, caranya adalah sebagai berikut:
# Browse folder di remote site untuk mencari file yang diinginkan. Browse folder di Local Site untuk memilih lokasi penyimpanan file. Drag folder atau file yang ingin disalin dari server ke komputer lokal. Pilih nama file, tahan tombol mouse, dan arahkan ke daftar file di Local Site di kolom kiri dan lepaskan mouse.

# Proses download akan ditampilkan di kolom status proses di bawah. Tunggu kolom ini kosong sebagai tanda proses download sudah selesai.

Semoga sedikit membantu, baca juga mengenal nama nama program pengolah database.

Advertisement
Advertisement