Hati-hati, Ini Ciri-Ciri Toko Online yang Melakukan Penipuan

Ciri-Ciri Toko Online yang Melakukan Penipuan Di Era Modernisasi seperti saat ini, aktivitas belanja online memang sudah menjadi kebiasaan bahkan sudah menjadi rutinitas banyak kalangan. Mulai dari membeli berbagai peralatan sepele sampai yang harganya mahal dan sangat berharga.

Banyaknya toko online yang bertebaran di Indonesia tentunya sedikit banyak membuat para pembeli kebingunan bahkan tidak jarang diantaranya merupakan salah satu platform yang mengandung unsur penipuan.

Oleh karena hal tersebut, disini saya akan memberikan beberapa gambaran kepada anda tentang ciri-ciri toko online yang berindikasi melakukan penipuan, oleh karenanya disimak baik-baik ya.Ciri-Ciri Toko Online yang Melakukan Penipuan - technogrezz

  • Off Comment

Salah satu ciri yang cukup mudah untuk dilihat adalah dimana toko online tersebut menonaktifkan fitur komentar. Alasan dari menonaktifkan kolom komentar ini pastinya perlu dipertanyakan secara gamblang.

Hal ini sangat mudah ditemukan pada online shop gadget, terutama yang sangat murah dan menyebut dirinya sebagai online shop yang amanah.

  • Banyaknya Testimoni dan Bukti Transfer

Kadang-kadang, Testimoni yang diupload oleh penjual ini hanyalah ketika barang yang disepakati sudah terpenuhi.

Dalam sisi ini penjual tidak mengupload testimoni tentang pengalaman pelanggan ketika mendapatkan barang yang sudah dikirimkan. Atau kalaupun ada, hal ini biasanya merupakan testimoni curian. Selain itu dapat dilihat pada bukti transfer yang terkadang di-upload oleh penjual, dia selalu menyensor rekening miliknya.

Pada umumnya, online shop yang jujur tidaklah menutup-nutupi nama rekening aslinya. Bahkan tidak jarang kita lihat mereka menaruhnya pada bio section.

  • Masalah Pajak

Ketika ada indikasi pada Online Shop yang menjual barang black market, maka akan ada embel-embel biaya pajak untuk melegalkan barang tersebut. Untuk diketahui saja, orang pajak ini bekerja di bawah naungan pemerintah. Mereka tidak mungkin mendekati sesorang dengan yang tidak resmi layaknya melalui WhatsApp dan menggunakan Nomor Handphone biasa.

Biasanya pelaku dari sistem ini nantinya akan meminta uang transfer untuk menjadikan barang ilegal menjadi legal, ditambah lagi dimana mereka mengatakan bahwa uang yang anda berikan akan kembali dalam beberapa saat.

Bisa dilogika sederhana bahwa hal ini merupakan perilaku yang sedikit patut dicurigai dan harus dibuktikan kebenarannya.

Lihat juga : Harga 2 Jutaan, Smartphone Android One Ini Layak Kamu Beli

Nah, demikian tadi beberapa ciri-ciri Toko Online yang mengandung unsur penipuan, selalu gunakan jasa Toko Online yang sudah terpercaya dan tidak banyak mengumbar janji manis. Alangkah lebih baiknya anda mencari barang yang diinginkan di laman marketplace atau toko online yang sudah terbukti legalitasnya seperti bukalapak, tokopedia, blanja, blibli, mataharimall, elevania, Shopee, lazada, zalora, bhinneka agar nantinya anda akan tetap aman dan nyaman dalam berbelanja. Sebenarnya masih banyak lagi toko online lainnta yang terpercaya tapi kami tidak bisa menulisnya satu persatu.