Masalah Yang Sering Terjadi Pada Layar Smartphone dan Cara Memperbaikinya

Cara Memperbaiki Layar Smartphone yang Bermasalah

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Layar Smartphone dan Cara Memperbaikinya – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa fungsi dan peranan sebuah layar pada smartphone merupakan bagian yang sangat vital, hal ini dikarenakan sudah tidak digunakannya papan tombol layaknya ponsel jaman dulu.

Lantas, jika anda mengalami masalah dengan layar smartphone, apa yang harus dilakukan? Apakah harus langsung membawanya ke tempat servis? Tentunya akan mengeluarkan biaya yang tidak murah bukan?

Nah, dalam kesempatan ini saya akan membagikan kepada anda tentang bagaimana cara memperbaiki layar smartphone yang bermasalah, setidaknya mencoba dulu sebelum menyerah dan membawanya ke tukang servis, simak ulasannya berikut ini.

  1. Ghost Touching

Ghost Touching adalah kondisi dimana layar smartphone anda berjalan sendiri tanpa disentuh sedikit pun, dilihat dari gejalanya, kemungkinan penyebabnya adalah adanya kerusakan di bagian LCD atau juga mungkin adanya arus listrik yang berlebih di dalam panel layar tersebut.

Nah, cara memperbaikinya yakni dengan cara yakni jangan sering menggunakan charger yang bukan merupakan bawaan buat smartphone kamu. Kalau kamu sering melakukannya, layar smartphone akan rusak dan risiko terberatnya adalah harus menggantinya.

  1. Dead Pixel

Dead Pixel merupakan perihal dimana ada beberapa piksel di dalam layar yang nampak mati, jadi ada bagian dimana layar smartphone kamu tidak menyala normal, layaknya bercak noda atau hitam.Masalah Yang Sering Terjadi Pada Layar Smartphone dan Cara Memperbaikinya

Jika nantinya dibiarkan, Dead Piksel ini akan menyebar ke bagian lain dan perlahan bisa merusak layar secara keseluruhan.

Jika Anda melihat ada tanda-tanda Dead Pixel di layar smartphone, coba perbaiki dengan menggunakan aplikasi Pixel Fixer.

Aplikasi tersebut bisa menjalankan spektrum cahaya dinamis agar bisa merangsang layar smartphone merespon semua warna yang ditampilkan.

  1. Baret di Layar

Baret di bagian layar smartohone sering kali dialami oleh pengguna. Padahal cara mengatasi layartergores ini sangat mudah, yakni dengan memasang screen protector.

Jika kamu terlanjur mengalami hal menyebalkan ini, coba hilangkan goresan dengan menempelkan pasta gigi di layar.

Oles ke bagian goresan, diamkan sejenak, lalu lap dengan kain microfiber basah. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali agar goresan hilang secara perlahan.

  1. Flickering

Flickering merupakan layar yang berbayang dan biasanya disebabkan oleh penggunaan aplikasi.

Caranya yakni dengan menghapus saja aplikasi yang membuat layar bergoyang tersebut, Biasanya, aplikasi yang membuat layar smartphone flickering adalah aplikasi kamera dan gim yang membutuhkan fitur Auto Brightness.

  1. Layar Tidak sensitif

Kebalikan dari Ghost Touching, layar smartphone ini sendiri tidak mau atau bahkan mengabaikan intruksi yang anda berikan.

Solusi untuk mengatasi masalah ini yakni dengan mematikan layar smartphone untuk beberapa saat, setelah dingin nyalakan kembali smartphone anda.

Baca juga : Cara Melindungi Smartphone dari Suhu Panas Berlebihan

Demikian tadi beberapa cara memperbaiki layar smartphone dengan mudah, jadi jangan panik dulu ya guys, semoga bermanfaat.