Pengaturan Kamera DLSR dan Mirrorless Paling Ampuh

Pengaturan Kamera DLSR dan Mirrorless Ketika kita menyukai dunia fotografi, pastinya kita akan mempunyai niatan untuk mempunyai peralatan ampuhnya yakni kamera DLSR ataupun Mirrorless yang bagus untuk digunakan mengambil video.

Seperti yang kita ketahui, fotografi merupakan salah satu bidang seni yang sangat kreatif dan tidak ada aturan mutlak yang terdapat di dalamnya. Kegiatan ini menjadi begitu menyenangkan seiring dengan kreativitas yang bisa dikembangkan.

Namun demikian, ketika kita akan melakukan pengambilan gambar di waktu siang hari, kontras cahaya yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan gambar yang diambil tidak akan sesuai dengan harapan.

Meski begitu, kali ini saya akan membagikan untuk anda semua tentang bagaimana menerapkan pengaturan atau cara setting yang pas untuk kamera DLSR dan Mirrorless ketika akan melakukan pengambilan gambar di siang hari, inilah selengkapnya.Pengaturan Kamera DLSR dan Mirrorless Paling Ampuh - Technogrezz

  • Tingkatkan Shutter Speed Untuk Menghindari Cahaya Berlebih

Untuk mengurangi cahaya berlebih yang hadir di siang hari, anda diwajibkan untuk menaikkan shutter speed guna mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa.

Jika anda meninggkatkan shutter sampai 1/1000 atau setidaknya 1/5000 untuk mendapatkan hasil yang baik.

  • Mulai Pemotretan dengan ISO Rendah

Nilai ISO biasanya memang disukai ketika memotret. Jika anda akan menggunakannya lebih rendah, maka anda bisa mengaturnya dengan cara manual.

Dengan menurunkan nilai ISO ini, nantinya semakin kurang kepekaan kamera anda terhadap cahaya yang masuk.

  • Coba Gunakan Aperture Terkecil

Aperture berguna untuk mengontorl seluruh mekanisme di dalam lensa serta dekat jaraknya untuk mengubah sudut pandang fokus.

Selain itu, aperture ini juga dapat mengubah sudut pandang fokus dan mampu mengubah cahaya yang diperoleh oleh sensor.

Dengan menggunakan aperture terkecil yang ditandai dengan tingginya angka seperti f/11 dan f/16. Bukaan terkecil tersebut dapat membuat cahaya yang masuk kedalam kamera menjadi kurang.

  • Perhatikan Modus Metering

Ketika melakukan pemotretan di siang hari, membuat fungsi dari modus metering pada kamera DSLR anda dapat di jadikan sebagai trik terbaik. Dalam kondisi ini, kebanyakan orang akan memilih modus spot metering dan menggunakan subjek utama dalam tampilan untuk menyesuaikan pencahayaan.

  • Kreasikan Pemotretan dengan Pengaturan White Balance

Trik selanjutnya untuk memotret di siang hari adalah dengan menerapkan pengaturan white balance otomatis. Dengan ini, nantinya kamera digital yang anda gunakan akan otomatis mengatur pencahayaan kamera untuk menginterpretasikan bagaimana Cahaya tersebut seharusnya diatur.

Lihat juga : Cara Memperkuat Sinyal Wifi Yang Bisa Kamu Coba

Kebanyakan kamera digital hadir dengan kemampuan untuk memilih pengaturan white balance yang berbeda.

Nah, itulah tadi beberapa trik melakukan setting kamera DLSR atau Mirrorless untuk pengambilan gambar di siang bolong. Semoga membantu anda untuk mendapatkan hasil terbaik.