Pengertian Web Hosting dan Macam Macam Web Hosting

Advertisement
Advertisement

Pengertian web hosting dan macam macam web hosting – Mungkin ada sobat masih belum begitu paham apa itu web hosting atau biasa di singkat hosting saja. Bagi yang penasaran atau punya semangat belajar tinggi pasti sudah pernah mengetikan kata kunci ” web hosting adalah” atau “hosting adalah”. Pada dasarnya web atau website terdiri dari berbagai macam elemen pendukung, dan hosting adalah salah satunya. Penjelasan secara singkat hosting atau web hosting adalah komputer yang selalu terhubung atau terkoneksi dengan internet tanpa pernah mati (komputer server) tempat di mana kita meletakkan file atau konten website kita. Jadi tanpa adanya hosting website kita tidak akan pernah bisa online . Berikut ini adalah jenis-jenis web hosting yang biasa digunakan di internet.Pengertian Web Hosting dan Macam Macam Web Hosting

Free Hosting

Ini adalah layanan hosting gratis. Biasanya, user hanya cukup mendaftarkan diri dan menempatkan file web di sana setelah diterima sebagai anggota. Penyedia biasanya menawarkan pilihan sub domain untuk alamat situs pengguna dan menawarkan aplikasi instan untuk membuat web. Penyedia layanan biasanya juga memberikan syarat atau batasan tertentu atau menampilkan iklan di halaman website Anda sebagai balas jasa. Free hosting sangat cocok untuk Anda yang sedang belajar membuat web.

Advertisement
Advertisement

Shared Hosting

Ini adalah hosting berbayar paling murah. Secara teknis, pihak penyedia mengkapling-kapling server dan sumber dayanya sehingga bisa digunakan bersama oleh puluhan sampai ratusan web. Pengguna layanan cukup memilih paket ‘kapling’ yang telah disediakan misalnya dengan ukuran kapasitas tertentu. Hampir semua layanan hosting di Indonesia menawarkan paket hosting ini. Jenis ini paling banyak digunakan karena paling murah. Tetapi, karena sumber dayanya digunakan bersama dan ada batasannya, maka shared hosting kurang cocok untuk web yang ramai pengunjung atau memerlukan sumber daya tinggi.

Reseller Hosting

Ini adalah layanan makelar hosting. Sebenarnya, mereka bukan pengelola layanan web, tetapi perpanjangan tangan dari penyedia jasa hosting tertentu, tetapi diberi wewenang untuk menjual kembali, menggunakan nama/label, dan membuat paket-paket sendiri untuk layanan hosting yang ditawarkan. Biasanya, penyedia layanan hosting menawarkan kerjasama reseller. Model Web Hosting seperti ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin mencoba menggeluti bisnis hosting namun masih mempunyai keterbatasan sumber daya baik dari segi keuangan, kemampuan teknis maupun lainnya.

VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah lauanan hosting yang cukup mahal. Secara  teknis, penyedia hosting membagi sumberdaya dari sebuah server ke dalam beberapa server virtual. Berbeda dengan shared hosting yang digunakan secara bersama-sama, server untuk VPS hanya terbatas untuk beberapa pelanggan saja untuk menjaga performa masing – masing server virtual. Pengguna layanan hosting ini dapat memilih paket yang ditawarkan. Biasanya perbedaannya terletak pada besarnya alokasi memori yang diberikan, space, dan batasan bandwidth.  Kelebihan VPS adalah memberi keleluasaan pada pelanggan untuk mengelola hosting yang disewa karena masing memiliki hak akses root, menginstal aplikasi sendiri, memiliki sistem operasi, dan dapat digunakan untuk beberapa web sekaligus. VPS cocok untuk web yang ramai pengunjung atau digunakan orang yang memiliki web banyak.

Dedicated Hosting

Layanan hosting berbayar ini cukup mahal. Penyedia layanan hosting menyewakan server hanya pada satu pelanggan saja. Pelanggan secara penuh bisa memakai sumber daya  dan server untuk kebutuhan sendiri sehingga Anda seolah menjadi pemilik server tersebut.

Colocation Hosting

Ini adalah layanan Web Hosting berbayar termahal. Penyedia layanan hanya menawarkan tempat dan sarana pendukung. Sedangkan penyedia layanan ini hanya menyewakan akses internet, jasa perawatan server, dan tempat. Pelanggan juga dapat meminta seseorang untuk memperbaiki kerusakan dan merawat server data center. Model ini disarankan untuk institusi dan organisasi besar.

Baca juga : Nama nama bahasa pemrograman web server dan web client

Advertisement
Advertisement