Penyebab Komputer Restart Sendiri

Advertisement
Advertisement

TechnoGrezz.com – Apakah penyebab komputer restart sendiri…? bagaimana cara mengatasi yang sering komputer restart sendiri …? mungkin itu yang ada di pikiran seseorang yang mengalami gangguan eror komputer restart sendiri. Misalnya pada saat Anda sedang mengerjakan suatu pekerjaan tiba-tiba komputer restart sendiri atau ditandai dengan blue screen dulu kemudian baru restart dan hal ini terjadi berulang – ulang. Hal ini tentu cukup menjengkelkan bukan? Sebenarnya apa yang terjadi dengan komputer sehingga sering restart sendiri? Penyebab Komputer sering restart sendiri bisa karena beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa komputer sering mengalami restart sendiri.

Penyebab Dan Mengatasi Komputer Restart Sendiri

komputer restart sendiri

Advertisement
Advertisement

Prosesor Mengalami Overheat

Prosesor yang suhunya terlalu panas saat beroperasi dapat menyebabkan komputer mengalami blue screen dan merestart dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus, suhu prosesor yang terlalu panas juga dapat menyebabkan komputer mati mendadak dan bahkan mati total sehingga tidak bisa digunakan lagi. Lalu, apa yang menyebabkan suhu prosesor terlalu panas? Suhu prosesor yang terlalu tinggi biasanya disebabkan karena pemasangan prosesor yang kurang pas. Untuk mengatasinya, coba periksa kembali pemasangan prosesor dan pemasangan fan pendingin prosesor. Jika perlu, Anda bisa membongkarnya dulu baru kemudian memasangnya lagi dengan benar dan memberikan pasta termal.

Daya PSU Tidak Stabil

Daya PSU yang tidak stabil atau kurang daya biasanya disebabkan karena power supply sudah cukup lama digunakan. Power supply yang sudah lama akan mengalami masalah di catu daya yang dihasilkan. Hasilnya, komputer yang kurang daya akan sering restart dengan sendirinya. Untuk mengatasi komputer sering restart sendiri, Anda tentu bisa mengganti power supply yang lama dengan yang baru.

Kerusakan Pada Memori RAM

RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart dengan sendirinya. Masalah seperti ini biasanya juga ditandai dengan blue screen dan ada tanda pemberitahuan Dump Memory. Jika hal ini terjadi, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melepas memori tersebut. Setelah itu, bersihkan kaki-kaki memori, kemudian pasang lagi RAM tersebut.

Hardisk Mengalami Badsector

Badsector pada hardisk menyebabkan sistem tidak bisa berjalan dengan normal seperti biasanya. Oleh sebab itu, komputer jadi sering mengalami hang dan restart dengan sendirinya.

Kerusakan Pada VGA Card

VGA Card yang bermasalah juga sering menimbulkan efek blue screen di komputer. Selain itu, VGA card rusak juga dapat ditandai dengan komputer yang mendadak hang setelah itu gambar menjadi terlihat pecah-pecah dan komputer akhirnya restart dengan sendirinya.

Kelima hal di atas adalah sebagian kecil faktor umum yang menyebabkan komputer restart sendiri. Tentu saja masih ada banyak lagi penyebab lain yang menyebabkan komputer menjadi blue screen, hang, dan restart sendiri. Bahkan, terlalu sering restart juga bisa menyebabkan komputer mati total. Setiap orang mempunyai pengalamannya masing-masing dan kadang memiliki cara penyelesaian masalah yang berbeda. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah membawanya ke tempat servis. Namun, setidaknya informasi di atas dapat membantu Anda menganalisis masalah apa yang sebenarnya terjadi pada komputer Anda

Buat anda yang mengalami kerusakan motherboard bisa membaca Tips memperbaik motherboard rusak semoga membantu.

Jika tips di atas belum terlalu membantu anda bisa download ebook mengenai merakit PC, service komputer/laptop. service ponsel, service LCD monitor dan TV, dan juga ebook tutorial power point lengkap —> Di Sini.

Advertisement
Advertisement