Penyebab Prosesor Rusak dan Pencegahannya

Advertisement
Advertisement

Penyebab prosesor cepat rusak – Kerusakan yang gampang pada prosesor merupakan penyebab terjadinya kerusakan hardware komputer, Hal ini tentu sangat dihindari oleh pengguna komputer. Banyak cara yang dilakukan para pengguna komputer agar bisa terhindar dari kerusakan prosesor, salah satunya adalah dengan memasang fan atau pendingan tambahan pada casing.

Prosesor merupakan komponen yang memiliki peranan penting untuk sebuah komputer. Bahkan, prosesor juga disebut sebagai otak komputer. Oleh sebab itu saat sebuah prosesor rusak, maka semua komponen komputer juga tidak dapat berfungsi. Tidak hanya itu saja, biaya untuk mengganti prosesor juga paling mahal daripada mengganti komponen hardware yang lain.

Advertisement
Advertisement

Prosesor adalah komponen komputer yang paling rumit dan paling kecil. Bisa dibayangkan, seuah barang dengan ukuran yang kecil atau sekitar 3 cm mampu memuat ribuan atau bahkan jutaan transistor. Maka, tidak mengherankan bila suhu pada sebuah prosesor bisa naik cukup drastis saat digunakan. Kerusakan pada prosesor disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab prosesor rusak atau mati.

Penyebab Prosesor Rusak dan Pencegahannya

Penyebab Prosesor Rusak

Sistem Pendingin Kurang Sempurna

Sistem pendinginan yang kurang sempurna baik pada kipas pendingin di prosesor maupun pada CPU dapat menyebabkan kerusakan pada prosesor. Sebenarnya, jika masalah temperatur yang tidak terkendali, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, system BIOS secara default diprogramkan untuk mematikan komputer jika suhu Prosesor di atas normal, kecuali jika program itu dinonaktifkan.

Prosesor dan Ram Tidak Seimbang

Kebanyakan komputer yang dijual secara utuh atau tidak rakitan mempunyai komposisi ukuran Prosesor dan kapasitas memori RAM yang seimbang. Misalnya jika prosesornya 3 GB, ukuran memori RAM nya adalah 512 MB sampai 1 GB. Memperbesarkan ukuran memori RAM memang mampu menanmbah kecepatan komputer. Tetapi, Anda wajib berhati-hati. Ketidak seimbangan antara prosesor dan RAM dapat menyebabkan kerusakan pada prosesor, bahkan hardware yang lain.

Jika melihat penyebab kerusakan prosesor di atas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai langkah antisipasi di antaranya adalah:

Jaga Suhu Prosesor

Saat menggunakan komputer jagalah suhu prosesor supaya tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebih. Jadi, sebaiknya jangan mengoperasikan komputer terlalu lama.

Memasang kipas Tambahan

Walaupun prosesor sudah dilengkapi dengan pendingin, sebaiknya Anda juga menambah fan tambahan. kipas tersebut akan membantu agar suhu udara pada CPU tetap terkendali sehingga tidak menyebabkan panas berlebih yang dapat merusak komputer.

Jangan Matikan Fitur Bios Untuk Mengontrol Suhu Prosesor

Secara default, BIOS biasanya sudah mengatur komputer akan mati jika suhu prosesor sudah melebihi 70 derajat Celsius.

Lebih Berhati – Hati Menambah Hardware

Jika Anda berencana untuk mengganti kapasitas memori RAM atau menambah hardware yang lain, Anda harus mempertimbangkan apakah hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja komputer. Jika Anda tidak tahu, Anda bisa mengkonsultasikan pada orang yang benar-benar sudah ahli untuk mencegah prosesor rusak.

Baca juga : cara mengatasi komputer tidak mengeluarkan suara semoga membantu.

Jika info penyebab Prosesor rusak dan pencegahanya di atas belum terlalu membantu anda bisa download ebook mengenai merakit PC service komputer/laptop. ponsel, LCD monitor dan TV, dan juga ebook tutorial power point lengkap —> Di Sini

Advertisement
Advertisement