Perbandingan Prosesor Mediatek, Snapdragon dan Exynos Bagus Mana Ya?

Perbandingan Prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos – Seringkali kita mendengar pertanyaan prosesor / CPU / chipset Mediatek, Snapdragon dan Exynos bagus mana ya…? sebenarnya ini adalah pertanyaan yang cukup sulit di jawab, karena ketiga chipset tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing dan semuanya tergantung selera dan kebutuhan. Tiga prosesor ini merupakan prosesor yang seringkali kita jumpai dan dipakai oleh ponsel-ponsel murah hinga smartphone flagship secara global.

Geliat pasar smartphone yang semakin menjadi tentu menjadi berkah tersediri bagi para produsen chipset di mana 3 besar pemasoknya adalah Mediatek, Qualcomm lewat Snapdragon dan Exynos dari Samsung. Selain ketiganya sebenarnya ada beberapa juga vendor yang mulai membuat prosesor sendiri seperti Xiaomi dengan Surge nya, Iphone dengan Apple A dan Huawei yang konsisten dengan merilis Smartphone dengan chipset sendiri yakni HI-Silicon kirin nya. Bahkan terdengar kabar juga jika LG juga sedang menyiapkan chipset buatan sendiri untuk mengurangi ketergantungan dengan Qualcomm.

Perbandingan Prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos

Beberapa saat lalu Intel yang merupakan produsen prosesor komputer nomor wahid di kolong langit juga merilis prosesor untuk ponsel tapi saat ini gaungnya mulai hilang karena isu chipset intel gampang panas. Untuk saat ini kami akan membahas dulu 3 besar chipsetyang banyak di pakai saat ini yakni Mediatek, Snapdragon dan Exynos. Ingin tahu perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari ketiga chipset ini berikut TechnoGrezz sajikan perbandingan prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos.

1. Prosesor Mediatek

Bagi kalian yang sering membaca spesifikasi dari ponsel flagship besutan Lenovo, Xiaomi, Acer, Oppo, Vivo dsb pasti akan sering mendengar istilah penggunaan prosesor Mediatek pada bagian dapur pacunya/ CPUnya. Di website resmi Mediatek di sebutkan Mediatek memiliki 5 jenis chipset yakni 3G, Entry 4G, Mid-Range 4G, Helio P dan Helio X.

Seri Helio X merupakan varian tertinggi dari prosesor besutan Mediatek dimana beberapa varian dari chipset ini memiliki arsitektur 10 inti atau Deca-Core yakni Mediatek Helio X 20, 23, 25, 27 dan 30. Untuk seri Helio X 30 sendiri yang notabenya adalah chipset tercanggih milik Mediatek sudah di gunakan pada flagship Meizu terbaru yakni Meizu Pro 7.

Perbandingan Prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos Bagus Mana Ya - Mediatek - TechnoGrezz

Beberapa kelebihan dari prosesor ini salah satunya adalah dari segi harganya yang murah. Namun jangan menilai prosesor ini murahan ya, karena prosesor ini memiliki kinerja yang baik pada tampilan grafis yang menggunakan GPU PowerVR atau Mali sehingga membuat ponsel kalian memiliki gambar layar yang smooth dan sangat jernih.

Selain itu, alasan dari vendor terkemuka memilih prosesor Mediatek selain harga yang lebih murah adalah karena konektivitasnya yang baik dan tidak membutuhkan spek-spek khusus lagi untuk mendukung prosesor sehingga biayanya dapat ditekan.

Baca juga :
Bagus Mana Layar IPS LCD atau Super AMOLED?

Tidak berhenti di situ saja, prosesor mediatek ini ternyata juga memiliki teknologi core pilot yang mampu mengatur suhu ponsel kalian tetap stabil dan juga mendukung jaringan 4G LTE untuk internet yang lebih cepat.

2. Prosesor Snapdragon

Semakin berkembangnya dunia ponsel pintar, menuntut pihak pembuat prosesornya juga wajib berkembang. Prosesor yang sangat sering kalian jumpai mungkin salah satunya adalah Qualcomm Snapdragon. Saat ini Snapdragon memiliki 4 seri chipset yakni seri 200 dan 400 untuk segmen low-end, seri 600 untuk segmen mid-range dan seri 800 untuk kelas atas atau flagship.

Chipset tercanggih Snapdragon saat ini adalah Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang banyak di gunakan untuk ponsel flagship saat ini seperti Galaxy S8, Google Pixel 2, HTC U 11, Xiaomi Mi Mix 2, Sony Xperia XZ1, Nokia 8, OnePlus 5, LG V30, ZTE Z17 dan beberapa lagi yang lainnya.

Perbandingan Prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos Bagus Mana Ya - Qualcomm Snapdragon - TechnoGrezz

Prosesor Qualcomm Snapdragon ini memang tergolong prosesor yang sering digunakan oleh smartphone kelas atas hingga kelas bawah. Terkenal dengan kemampuan pengolahan grafis dengan dukungan GPU Adreno yang sangat baik, sehingga prosesor single corenya pun mampu menyaingi prosesor dual core yang dimiliki oleh prosesor merek lain.

Kelebihan dari Prosesor Qualcomm Snapdragon lainnya yakni dalam hal penghematan baterai dan performa yang handal pada saat multitasking maupun bermain game berat. Prosesor Qualcomm Snapdragon seri 200, 400, 600 dan 800 ini merupakan seri yang masing-masing punya kehandalan terutama di dalam bidang grafis maupun game.

Ada kelebihan pasti ada juga kelemahan, nampaknya prosesor Qualcomm Snapdragon ini masih belum seberapa pintar dalam menyembunyikan dan mengatur suhu ponsel, bahkan panas yang terlalu berlebihan ketika banyak aplikasi berat terbuka juga membuat kenyamanan pengguna berkurang, selain itu harganya juga masih cenderung lebih mahal dibandingkan dengan prosesor Mediatek.

3. Prosesor Exynos

Berbicara mengenai prosesor Exynos, mungkin kalian akan sering menemui spesifikasi prosesor Exynos ini pada ponsel-ponsel pintar papan atas/ kelas atas seperti yang diluncurkan oleh Samsung yakni Samsung Note 8 dan Samsung Galaxy S8. Yup hal ini juga karena di sebabkan Exynos adalah chipset besutan dari Samsung jadi tidak heran jika banyak ponsel Samsung memakai prosesor ini. Seri paling wahind dari chipset Exynos adalah seri Exynos9 8895 yang di bana juga di gunakan untuk Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 selain Snapdragon 835.

Perbandingan Prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos Bagus Mana Ya - Exynos - TechnoGrezz

Selain itu, ada juga seri flagship dari pabrikan Meizu yakni Meizu Pro 6 Plus yang turut menggunakan prosesor Exynos ini untuk otak pemrosesannya. Penggunaan prosesor Exynos oleh vendor terkemuka untuk disematkan pada smartphone flagshipnya ini bukanlah tanpa alasan, dikenal sebagai prosesor yang tangguh dan tersedianya dukungan fitur yang bagus Exynos didapuk mampu bersaing dengan prosesor merek lainnya.

Prosesor yang dikembangkan oleh pabrikan Samsung ini juga telah menjamin kualitasnya seperti kualitas pada pengoptimal kinerja baterai agar tetap tahan lama, pengolahan grafis yang tinggi dan sangat baik dan juga menyajikan performa sangat baik ketika melakukan multitasking maupun gaming pada game berat.

Prosesor besutan Samsung ini hampir tidak memiliki kekurangan, hanya saja memang harga yang dipatoknya lebih mahal dibandingkan dengan harga dari prosesor merek lainnya seperti Mediatek dan juga Snapdragon. Bahkan saking mahalnya, sampai-sampai prosesor ini mendapat julukkan “prosesornya orang kaya berdompet tebal” loh.

Baca juga :
3 Hp Blackberry Android Murah Terbaik Yang Bisa Jadi Pilihan

Perbandingan Prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos di atas mungkin sedikit memberi gambaran mengenai kelebihan kekurangan hingga harga tapi pada dasarnya, semua prosesor yang kita bahas diatas memiliki kelebihan yang baik dibidang pengolahan grafisnya, namun memang ada beberapa kelemahan yang wajar bagi prosesor dengan harga yang miring. So guys, sekarang tergantung pada kalian mau pilih prosesor yang seperti apa untuk mendukung ponsel pintar yang akan kalian bawa kemana-mana.

Karena masing-masing prosesor memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri, jadi disarankan untuk kalian memilih prosesor sesuai dengan keperluan ya, dan tentunya memilih prosesor juga disesuaikan dengan budget yang kalian miliki. Nah itulah perbandingan prosesor Mediatek Snapdragon dan Exynos semoga bermanfaat.